optimalkan mozzila dg fasterfox

Mengoptimalkan Firefox dengan Fasterfox 3.8.4

Dulu saya pernah menulis secara singkat tentang Fasterfox 2.0.0 yang bisa digunakan untuk browser Firefox versi 1.5 sampai dengan versi 2.0. Firefox sendiri sekarang sudah berkembang sampai dengan versi 3.6, dan Fasterfox 2.0 tidak bisa Firefox versi 3.6. Mengikuti perkembangan dari browser Firefox ini, Fasterfox juga melakukan pengembangan, sampai saat ini versi terakhir dari Fasterfox adalah versi 3.8.4. Fasterfox 3.8.4 adalah versi yang masih dalam tahap ujicoba, dan saat ini masih terus dikembangkan.

Fasterfox sebagai addons Firefox merupakan salah satu tool (selain Fasterfox ada juga Firetune, Tweak Network Settings, dan Speedyfox) yang cukup bisa diandalkan untuk dapat meningkatkan kemampuan browser Firefox, fungsi utamanya adalah melakukan tweaking dalam browser Firefox, baik itu saat seting rendering, pipelining, cache, dns, delay, dan seting koneksi lainnya.
Untuk melakukan tweaking Firefox ini kita diberikan beberapa pilihan tingkatan yang dapat kita pilih cukup dengan memberikan tanda pada pilihan yang disediakan pada tab menu Presets, yaitu Default, Courteous, Optimized, Turbo Charged, dan Custom. Untuk Default adalah seting standar dari browser Firefox dan Custom adalah seting manual, dimana saat kita memilih ini maka akan muncul tab menu baru Cache, Connection, Pipelining, Rendering, dan Popups yang bisa kita atur sendiri parameter setingnya.
Pada tab menu Fasterfox tedapat pilihan Enable Enhaced Prefetching (Prefetch Links) yang berfungsi meningkatkan proses loading sebuah link dari halaman web yang sedang kita buka. Cara kerja dari Frefetch Links ini adalah pada saat idle (tidak ada aktivitas download maupun upload) Fasterfox akan mengakses link-link yang ada dalam halaman web yang sedang dibuka dan menyimpannya dalam cache, sehingga saat kita mengakses link tersebut akan terasa lebih cepat.
Selain fungsi Frefecth Link, dalam tab menu Fasterfox juga diberikan pilihan untuk menampilkan informasi waktu yang dibutuhkan saat membuka sebuah halaman web dalam hitungan detik yang bisa dimunculkan dengan memilih Enable Page Load Timer pada tab menu Fasterfox, timer ini sendiri akan muncul pada bar bagian bawah browser Firefox.
Itu tadi temen-temen sekilas informasi tentang Fasterfox 3.8.4, buat temen-temen yang ingin mencobanya bisa mendownload di

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: